Ada lima faktor yang mempengaruhi keselamatan di tempat kerja (Biaya tinggi terburu-buru, 15 Mei). Saya menganggap mereka sebagai lima Ms:
- Manajemen: Ketika bos mengejar hasil tanpa memperhatikan proses yang terlibat, indikator kinerja utama, tujuan dan tenggat waktu penyelesaian menjadi lebih penting daripada menyelesaikan pekerjaan dengan aman.
- Pria: Pertimbangkan apakah orang yang melakukan pekerjaan itu cukup terampil, cukup istirahat, cukup sehat secara fisik dan mental, cukup memahami apa yang harus dia lakukan, dan dapat bekerja dengan orang lain dan berkomunikasi cukup baik dengan manajemen dan koleganya untuk melanjutkan pekerjaan.
- Misi: Apakah pekerjaan itu disatukan dengan baik tergantung pada apakah orang-orang yang merasa tidak nyaman dalam melakukan pekerjaan itu diizinkan untuk mengekspresikan kekhawatiran mereka. Dapatkah mereka menawarkan saran keselamatan dan apakah saran tersebut disambut?
- Sedang: Apakah lingkungan operasi cocok atau cukup kondusif untuk melanjutkan pekerjaan juga penting. Apakah cuacanya cukup cocok? Apakah semua tim di lingkungan yang sama menyadari pekerjaan satu sama lain agar tidak saling menghalangi satu sama lain?
- Mesin: Apakah alat yang cocok untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, dan apakah mesin dioperasikan oleh operator yang berkualitas dan terlatih? Apakah mesin terawat dengan baik?
Mempertimbangkan faktor-faktor ini dengan benar dapat berkontribusi untuk mengurangi kecelakaan di tempat kerja.
Frank Singam